adfly.468x60.5 Dulang Dollar Melalui ShortURL adf.ly | short URL

21 Agustus 2008

Intel Umumkan Dual Core Atom
Share

Logo Intel AtomKita akan melihat munculnya versi dual core untuk Atom di pasar sebentar lagi. CPU ini akan diluncurkan bulan depan bersamaan dengan motherboard D945GCLF2 yang diperbaharui. Atom 303 ditargetkan untuk pengguna di segmen entry level, negara berkembang, antusias PC yang menginginkan PC sederhana atau alat-alat elektronik kustom.

Atom 330 diperkirakan memiliki frekuensi 1.6GHz dengan dukungan HyperThreading dan cache L2 sebesar 512K di setiap prosesor. Chip ini juga beroperasi dengan bus 533MHz sama seperti N/270. Dari segi kinerja, Atom 330 akan jauh lebih cepat dibandingkan Atom seri 200 lain saat menggunakan aplikasi yang mendukung multi-core.


Satu-satunya berita negatif dari pengumuman Intel kemarin adalah platform yang akan mendukung Atom. Motherboard D945GCLF2 Intel hampir sama motherboard D945GCLF yang digunakan di benchmark yang menguji kinerja Atom dengan VIA Nano, dengan tambahan gigabit ethernet dan audio HD enam channel, naik dari 10/100 Mbps dan 2+2 audio sebelumnya. Kedua perbaharuan ini tetap tidak memperbaiki kelemahan platform Atom yang mengkonsumsi daya besar dan hanya memiliki satu slot PCI.

Keputusan Intel untuk tidak memperbaharui platform Atom secara signifikan sedikit mengurangi nilai tambah yang sebenarnya ditawarkan oleh perusahaan tersebut, yaitu hemat energi. Semoga dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama ini kita akan dapat menggunakan dual core Atom di platform modern yang hemat daya, walaupun berharga lebih mahal.

Akan sangat menarik untuk melihat perbandingan kinerja Atom 330 dengan Atom 270 maupun Via Nano. Apabila Atom dual core terbukti memberikan kinerja bagus yang dapat menyaingi laptop segmen rendah saat ini, netbook berbasis Atom berpotensi menjadi produk-produk panas dalam beberapa tahun ini karena ukurannya yang kecil.

Cetak

Artikel Lain :


0 komentar:

Berlangganan

Berlangganan RSS Feed via Email:


Artikel Populer

Blog Archive

Pengikut

blog-indonesia.com



Recomended Download


Add to Your Blog