adfly.468x60.5 Dulang Dollar Melalui ShortURL adf.ly | short URL

21 Agustus 2008

IBM, AMD Mendahului Intel Membuat Chip 22nm
Share

IBM dan beberapa mitra risetnya mengeluarkan sebuah penguuman mengejutkan hari ini, mereka berhasil mengalahkan Intel dalam memproduksi SRAM dengan proses manufaktur 22nm fungsional yang pertama. Teknologi manufaktur 22nm dua generasi lebih maju dibandingkan proses 45nm yang digunakan Intel untuk membuat Centrino 2. Berita gembira dari Intel ini berarti para produsen chip sudah akan mampu memproduksi chip 22nm sebelum akhir tahun 2011.

Chip SRAM biasanya adalah alat semikonduktor pertama yang digunakan untuk menguji proses menufakturing baru sebelum dijadikan CPU. SRAM 22nm ini dikembangkan dan diproduksi bersama oleh AMD, Freescale, IBM, Toshiba dan College of Nanoscale Science and Engineering di atas wafer 300mm dengan ukuran memori sel sebesar 0,1 µm2 dibandingkan SRAM 45nm Intel yang berukuran 0,36 µm2 per cell.


Untuk pertama kalinya dalam dekade terakhir, Intel harus menginvestasikan lebih banyak biaya riset dan pengembangan apabila ingin tetap memimpin dalam teknologi produksi chip. Intel pertama kali memamerkan SRAM 32nm di bulan September tahun lalu dan akan memperlihatkan prototipe CPU 32nm pertama minggu ini. Intel masih belum berencana untuk mendemonstrasikan SRAM 22nm dalam satu tahun mendatang.

IBM juga mengatakan bahwa mereka dapat memproduksi CPU 32nm sesuai jadwal dan berjanji akan menggunakan "teknologi high-K metal gate 32nm unggul yang tak dapat ditandingi perusahaan maupun konsorsium lain." IBM tidak memberikan detil lebih lanjut untuk membuktikan pernyataannya ini. Intel telah menggunakan teknologi high-K metal gate miliknya sendiri sejak memperkenalkan Penryn 45nm akhir tahun lalu.

Walaupun produk-produk siap pakai 32 dan 22nm masih belum akan bermunculan dalam waktu dekat ini, sudah jelas bahwa konsorsium IBM berusaha keras menyaingi Intel dalam industri CPU dan untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade terakhir, mereka akan berlomba untuk mencapai proses manufaktur terbaru. (TG Daily)

Terobosan baru ini merupakan satu lagi berita bagus untuk AMD yang juga beberapa hari lalu melaporkan bahwa mereka akan membukukan keuntungan di kuartal ketiga 2008.

Cetak

Artikel Lain :


0 komentar:

Berlangganan

Berlangganan RSS Feed via Email:


Artikel Populer

Blog Archive

Pengikut

blog-indonesia.com



Recomended Download


Add to Your Blog