11 Februari 2009

Membasmi Virus VBS tanpa Anti Virus
Share

sekarang ini virus, worm, trojan dan sejenisnya telah banyak menghantui para pengguna komputer. dari yang baek hati sampai yg paling kejam...hehehe :-). Namun salah satu penggangu yg paling mudah proses pembuatannya yaitu virus VBS yg dibuah hanya dengan menggunakan Notepad yg aplikasinya udah disediakan oleh Windows. Virus VBS dapat mengacak-acal sistem regedit komputer yang diinfeksinya, bahkan ada yang sampai menghapus file-file. Virus VBS dapat berjalan dengan memanfaatkan aplikasi penjalannya yaitu wscript.exe yang ada pada direktori c:\windwows\system32. file ini sangat berpengaruh terhadap semua file yang berektensi .vbs.

Nah, berarti udah ada bayangan kan ? jika wscript.exe tidak bisa jalan, pastinya virus VBS tidak tidak dapat jalan pula.... berikut ini cara mematikan aplikasi wscript.exe :


1. Jika komputer kita belum terinfeksi

buka menu Run -> ketik regedit.exe
masuk ke key "HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options"
pada bagian kanan, klik kanan - new - key
beri nama "wscript.exe", kemudian pada bagian kanan, tambahkan String Value. Beri nama "Debugger" lalu isikan "ntsd-d". Ok Selesai.

2. Jika Komputer Kita Sedang Terinfeksi

Biasanya virus selalu mematikan beberapa tools windows seperti Regedit, Task Manager, Folder Opition, dll. karena regedit tidak dapat di akses, berarti harus lewat jalur lain yaitu VBS sebelum wscript kita matikan.

Buka Run -> Notepad
ketik kode berikut ini

dim reg
set reg=createobject("wscript.shell")
reg.regwrite "HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\wscript.exe\debugger",ntsd-d,"REG_SZ"

seteleh itu simpan dengan nama "vbsKiller.vbs" jangan lupa Save as type diganti "All Files".
Kemudian jalankan file vbsKiller.vbs dengan cara klik 2x. Selesai.....

TAMATLAH RIWAYAT SI VBS ITU....

Selamat mencoba semoga bermanfaat...

Cetak

Artikel Lain :


21 komentar:

yoyo mengatakan...
22 Februari 2009 22.27  

Pinanya boleh jua di coba nih.

makasih tipsnya wal :)

lam kenal wal.

robzlabz mengatakan...
23 Januari 2011 12.51  

nice info gan, tingkatin lagi tutorialnya

nyiman terus deh

djiesoft mengatakan...
29 April 2012 20.56  

sangat bagus tips dan trik nya... good!

saisyahistitiew mengatakan...
3 Mei 2012 09.41  

ko aku ga bisa ya?

Anonim mengatakan...
12 Juni 2012 11.14  

makasi gan, mantap!!

Anonim mengatakan...
14 Juni 2012 20.55  

Ini Admin, Maaf gak sempat login.
saisyahistitiew: pasti bisa, coba cek tipe filenya beneran udah jd .vbs ato masih .txt?
Update:
agar tidak muncul pesan error file not found ketika file .vbs dijalankan, angka "1" yang ada di baris \debugger",1,"REG_SZ" di ganti dengan "ntsd-d".

- Andy - IT Share - mengatakan...
27 November 2012 15.11  

Maaf postingannya belum sempat saya update.
saisyahistitiew: pas ngimpan filenya, "SAVE AS TYPE" nya diganti "All Files".
Anonim: betul sekali. agar tidak muncul error 'File Not Found' angka '1' diganti dengan 'ntsd-d' maksudnya adalah errornya di kirim ke mesin debugger. Trims

riana fitri yani mengatakan...
2 Februari 2013 21.08  

gk bsa juga niy,,,he
udap pke nma vbsKiller.vbs,,trus udah all type,,

eroor kan yg kluar pas dklik,,
nh yg gk pham tu cra mmbkin spya gk eroor tu,,mf sya gk pmhaman,,he

Dicky Wisnu Dwi Wahyudi mengatakan...
20 Oktober 2013 16.19  

Gan, laptop gw kena virus camfrogprogava(1), setelah gw coba ngga bisa gan, tulisannya
Line:3
Char:1
Error:Invalid root in registry key
"HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\wscript.exe\debugger".
Code:80070005
Source:WshShell.RegWrite

dasd mengatakan...
1 Januari 2014 08.23  

fgdfg

Lowongan guru privat fisika mengatakan...
1 Januari 2014 08.28  

akhirnya virus vbs d komputer saya sudah hilang. terima kasih gan

Nomor cantik di jakarta mengatakan...
1 Januari 2014 08.39  

gan, saya kok ga bs yaa?
mohon pencerahannya..

Anonim mengatakan...
22 April 2014 09.45  

Kok tetep eror ya???

aaron ajiguna mengatakan...
6 Mei 2014 22.13  

ini virus vbs di pc emng udh ilang tp kok yang di removable disk masih aktif ini gmn basminya ?

maximus mengatakan...
7 Juli 2014 16.32  

show hidden files dan system files dari folder options, lalu hapus filenya di flashdisk.

Putri mengatakan...
9 Juli 2014 06.17  

Mantab gan, VBSnya udah nggak ganggu lagi :D

Anonim mengatakan...
5 September 2014 16.13  

Line:3
Char:1
Error:Invalid root in registry key
"HKLM\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\wscript.exe\debugger".
Code:80070005
Source:WshShell.RegWrite

Akademi Telkom Jakarta mengatakan...
19 Desember 2014 15.30  

makasih atas infonya kak, jadi bisa ngapus virus ini

Anonim mengatakan...
29 Desember 2015 13.46  

Gan kok eror ya?

Lestari_Suci mengatakan...
6 Januari 2016 14.13  

Klo sya muncul:
Script: C:\users\acer\ documents\vbsKiller.vbs
line: 2
char: 4
error: syntax error
code: 800A03EA
source: Microsoft VBScript compilation error

Harus gmna lg nh gan??ak g ngerti. Tlong dong gan info lbih lanjutnya

adir iswanto mengatakan...
6 Mei 2016 23.25  

ane pake cara remove virus ini.tp pas di matikan dan dihidupkan lg booting ke menu layar blank hitam lama banget itu kenapa ya om.sebelum di remove normal hidupnya

Berlangganan

Berlangganan RSS Feed via Email:


Ada kesalahan di dalam gadget ini

Artikel Populer

Blog Archive

Pengikut

Recomended Download


Add to Your Blog