adfly.468x60.5 Dulang Dollar Melalui ShortURL adf.ly | short URL

21 Agustus 2008

Serangan Balik Dell Terhadap Asus Eee
Share

Akhirnya, subnotebook Dell yang sudah begitu lama ditunggu hadir ke hadapan konsumen akhir minggu ini, dan datang dengan Ubuntu 8.04. Laptop kecil dengan nama Inspiron 910 bisa saja akan menggantikan seri Asus Eee sebagai netbook berbasis Linux yang dominan.
Selain Ubuntu, produk ini akan dilengkapi dengan prosesor Intel Atom 1.6GHz, RAM mencapai 1GB dan layar berukuran 8.9 inci dengan resolusi 1024x600. Masih ada lagi kamera, Solid-State Drives (SSD) dengan kapasitas antara 4GB sampai 16GB, VGA port, media card reader, WiFi, dan 3 USB port. Harganya diperkirakan sekitar US$299 untuk model standar.


Perusahaan di balik distro Ubuntu Linux, Canonical juga banyak berharap pada pasar subnotebook. Salah satu juru bicara grup OEM Canonical, Pete Goodall mengindikasikan adanya beberapa produk menarik yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Ia juga menambahkan kalau Inspiron 910 milik Dell merupakan titik awal yang baik untuk debut subnotebook Ubuntu.

Walaupun belum ada konfirmasi resmi, tampaknya Dell akan menggunakan Ubuntu Netbook Remix, yaitu Ubuntu yang memang didesain secara spesifik untuk alat-alat mobile berbasis Atom. Dari sedikit contekan tentang Netbook Remix bulan Juni lalu, selain mengoptimalkan kinerja hardware untuk mengurangi konsumsi daya, Netbook Remix juga datang dengan user interface yang bisa dikustomisasi untuk memberikan tampilan yang efisien untuk layar berukuran kecil.

Screenshot Ubuntu Netbook Remix


Jika Inspiron 910 benar-benar diluncurkan pada tanggal 22 Agustus, timingnya benar-benar tepat. Distro Linux berbasis Xandros yang dipakai Asus sudah mulai dirasa ketinggalan jaman, bahkan beberapa antusias suda berusaha menggantinya dengan menginstalasikan varian Ubuntu yang lebih ringan. Jadi, bagi para konsumen yang ingin segera menggunakan Ubuntu langsung di netbook yang masih segar, Inspiron 910 akan menjadi pilihan yang sangat baik.

Cetak

Artikel Lain :


0 komentar:

Berlangganan

Berlangganan RSS Feed via Email:


Artikel Populer

Blog Archive

Pengikut

blog-indonesia.com



Recomended Download


Add to Your Blog