21 Agustus 2008

USB 3.0 xHCI Siap Terjun ke Pasar
Share

USB 3.0 yang super cepat (4.8Gbps) melakukan satu lagi langkah besar mendekati para pengguna komputer dan hard disk (HD). Hari ini Intel mengumumkan versi final untuk xHCI open USB 3.0 host controller standard yang kemungkinan besar akan diadopsi oleh mayoritas motherboard dan pembuat chipset.

Penggunaan protokol seperti USB bisa menimbulkan masalah kompatibilitas apabila masing-masing vendor mengimplementasikan protokol USB dengan cara yang berbeda, mirip seperti apa yang terjadi dengan Firewire beberapa tahun lalu. Untuk itu, para vendor tersebut berencana untuk mendesain satu saja spesifikasi terpercaya untuk dipakai di seluruh dunia dengan lisensi bebas royalti - dan Intel secara sukarela menawarkan untuk mengembangkan spesifikasi ini sejak awal diperkenalkannya USB.


Kehadiran Intel membawa angin segar bagi para vendor di atas. Dengan Intel yang merilis standar ini untuk semua orang, masing-masing vendor tidak perlu mendesain protokol mereka sendiri sekaligus menjamin kompatibilitas dengan semua alat.

Dengan rampungnya standar WHCI USB (versi 1.0), hampir semua vendor dengan senang hati mengadopsi standar EHCI USB (versi 2.0) yang menjadi penerus WHCI, dan inilah yang menyebabkan adanya port USB di hampir semua komputer hari ini. Microsoft sendiri juga mendesain driver pengontrol USB untuk Windows berdasarkan WHCI, dan driver USB 2.0 dengan EHCI. Tampaknya, xHCI (Extensible Host Controller Interface) juga akan dengan cepat menjadi standar de facto bagi USB 3.0.

Satu bukti lagi tentang dukungan untuk standar xHCI milik Intel adalah ketersediaan vendor-vendor besar seperti AMD, Microsoft, NEC, dan Dell untuk menggunakan xHCI. Microsoft telah mengumumkan akan menggunakan xHCI sebagai basis dari driver USB 3.0 Windows. AMD telah mengumumkan penggunaan xHCI untuk chipset motherboard. Dan terakhir, NEC juga telah melakukan uji coba kesesuaian alat-alat elektroniknya yang memiliki port USB 3.0 nya dengan xHCI.

Dengan spesifikasi yang sudah jelas, para vendor besar tampaknya sedang berusaha keras menciptakan produk yang kompatibel dengan standar baru tersebut. Tinggal hitungan bulan saja, sampai berbagai alat dengan USB 3.0 bermunculan di pasar.

Cetak

Artikel Lain :


0 komentar:

Berlangganan

Berlangganan RSS Feed via Email:


Ada kesalahan di dalam gadget ini

Artikel Populer

Blog Archive

Pengikut

Recomended Download


Add to Your Blog