adfly.468x60.5 Dulang Dollar Melalui ShortURL adf.ly | short URL

31 Oktober 2008

Google SearchWiki Hampir Rampung
Share

Wajah industri pencarian mungkin akan berubah drastis dalam waktu dekat ini. Minggu lalu Microsoft telah mengumumkan mesin pencari U Rank, sebuah eksperimen menambahkan elemen jejaring sosial ke dalam sebuah mesin pencari. Google juga tengah menyiapkan sebuah mesin pencari bernama SearchWiki yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan hasil pencariannya dengan menandakan relevan atau tidaknya hasil pencarian atau bahkan menambahkan situs baru kepada hasil pencarian, mirip seperti Wikia Search.

Rumor tentang Google yang tengah menguji coba fitur pencarian dengan konsep "Digg" sudah beredar sejak beberapa bulan lalu. Garett Rogers dari ZDNet berpendapat bahwa SearchWiki akan dirilis sebentar lagi, mengatakan bahwa Google telah meminta bantuan dari para sukarelawan untuk membantu menerjemahkan beberapa kalimat yang berhubungan dengan SearchWiki:

  • "SearchWiki" - The name of the search feature that allows you to edit results.
  • "Make a public comment" - Text for the comment save button
  • "Could not retrieve comments for this page" - Error message shown when other users’ comments could not be fetched for a particular webpage.
  • "Customize your search results with your rankings, deletions, and notes — plus, see how other people using Google have tailored their searches" - The first part of the notice shown when a user first edits a result.
  • "Please remember that your SearchWiki notes will be visible to other users, identified with your Google Account nickname" - The second part of the notice shown when a user first edits a result.


Dari kalimat-kalimat di atas kita dapat menyimpulkan bahwa selain memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi hasil pencariannya, SearchWiki memperbolehkan pengguna untuk meninggalkan komentar pada pencarian maupun membaca komentar yang ditinggalkan pengguna lain. Yang masih belum jelas adalah apakah Google akan menggunakan kontribusi pengguna untuk meningkatkan kualitas pencarian secara umum, ataukah hanya akan berlaku untuk pengguna sendiri dan apakah SearchWiki diposisikan sebagai produk yang suatu hari akan digunakan sebagai layanan pencarian utama Google.

Seperti biasa, Google selalu menguji fitur-fiturnya dengan merilis fitur baru ke sebagian kecil pengguna. Untuk saat ini SearchWiki masih belum dibuka untuk semua pengguna, walaupun Anda dapat melihat sedikit persiapan yang sudah dilakukan Google dengan menambahkan "&swm=2" ke dalam akhir URL pencarian Google Anda.

Screenshot SearchWiki


Justin Hileman adalah salah seorang pengguna yang beruntung untuk dapat mengakses fitur eksperimental ini dan menyediakan video demonstrasi di bawah ini:



Sumber: Udaramaya.com

Cetak

Artikel Lain :


0 komentar:

Berlangganan

Berlangganan RSS Feed via Email:


Artikel Populer

Blog Archive

Pengikut

blog-indonesia.com



Recomended Download


Add to Your Blog