26 Agustus 2008

Gempa Kecil di Ujung Kulon
Share

SERANG, SELASA- Meskipun Badan Meteorologi telah mengumumkan peluang terjadinya tsunami menyusul gempa berkekuatan 6,6 skala Richter di lepas pantai Ujung Kulon, Pandeglang, Banten, masyarakat di Ujung Kulon saat ini masih melakukan aktifitas seperti biasa.

"Gempanya tidak besar, hanya lini kecil," kata Warsa, warga Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang, yang dihubungi Kompas dari Serang, Selasa pagi ini. Lini adalah sebutan untuk gempa bagi masyarakat Ujung Kulon.

Busro, warga Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Pandeglang menyatakan, gempa kecil itu hanya dirasakan masyarakat Ujung Kulon sekitar 30 detik. Sejauh ini juga tidak diperoleh laporan mengenai kerusakan akibat gempa yang terjadi lewat pukul 10.00 tadi.

Dikatakan Busro, masyarakat Ujung Kulon saat ini bahkan masih beraktifitas seperti biasa meski ada peringatan dini dari BMG tentang potensi tsunami. Saat ini, Busro bahkan sedang berkumpul bersama aparat desa dan Babinsa setempat di dekat pos keamanan dekat pantai Ujung Kulon.

Sejauh ini aktifitas warga juga tidak terganggu. Anak-anak sekolah tidak dipulagkan, nelayan tetap melaut, sedangkan petani tetap bekerja di ladangnya.

Dari Badan Meteorologi setempat diperoleh informasi, pusat gempa berada 125 km barat laut Ujung Kulon dengan kedalaman 20 km. Lokasi tepatnya di 6,46 Lintang Selatan dan 104,41 Buur Timur. Gempa terjadi pukul 10.07, dan diperkirakan berpotensi menimbulkan tsunami.

Cetak

Artikel Lain :


0 komentar:

Berlangganan

Berlangganan RSS Feed via Email:


Ada kesalahan di dalam gadget ini

Artikel Populer

Blog Archive

Pengikut

Recomended Download


Add to Your Blog